Minggu, 16 Februari 2014

Google Kejar Cita-cita Internet 10 GB per Detik


Raksasa Internet dunia, Google tengah mempersiapkan teknologi transfer data atau Internet yang lebih cepat dari layanan Google Fiber di Kansas City, AS.

Teknologi baru nanti mampu mentransfer data mencapai 10 GB per detik, jauh dari kemampuan Google Fiber yang memiliki kecepatan transfer data 1 GB per detik, dilansir USA Today, Jumat 14 Febuari 2014.

Chief Financial Officer Google, Patrick Pichette mengungkapkan, kecepatan transfer menjadi salah satu fokus Google. Pasalnya, teknologi ini akan meningkatkan penggunaan peranti lunak sebagai layanan.

"Ini akan terwujud, mungkin dalam waktu satu dekade. Tapi, kenapa tidak jika kita bisa mewujudkannya dalam tiga tahun. Inilah yang tengah kami kerjakan. Tak perlu menunggu lagi," ujar Pichette, dalam konferensi Goldman Sachs Technology and Internet.

Pichette dipercaya Google memiliki kemampuan untuk mengembangkan teknologi ini. Sebab selama tujuh tahun, ia pernah menduduki eksekutif pada Bell Canada, yang menawarkan layanan kabel serat Internet cepat ke rumah-rumah.

Saat ini, Google Fiber telah tersedia di Kansas City, namun perusahaan ini berencana mengembangkan layanan ini ke Austin, Texas.

Teknologi transfer data dengan cepat bukan hanya dikembangkan Google saja. Tahun lalu, peneliti di Inggris Raya mengumumkan mereka mampu mentransfer data dengan kecepatan 10 GB per detik menggunakan 'li-fi', teknologi konektivitas Internet nirkabel berbasis cahaya.

Bagaimana dengan Indonesia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog