Selasa, 18 Februari 2014

7 Bangunan Rumah Yang Melawan Gravitasi


Hukum gravitasi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Berbagai macam konstruksi mulai dari pesawat, kendaraan, peralatan olahraga dan rumah pasti memperhitungkan unsur gravitasi bumi. Unsur ini digunakan agar benda-benda yang dibuat bisa berdiri atau berjalan normal di atas tanah.

Namun tidak semua orang berpikir demikian, pemilik rumah-rumah mewah ini justru berusaha membuat rumahnya tampak tak biasa dengan bentuknya yang melawan gravitasi bumi. Seperti apa saja rumah tersebut? Berikut dilansir dari travel.amerikanki.com.

1. Gangster House, Archangelsk, Russia


Bangunan yang belum sepenuhnya selesai ini tercatat sebagai rumah kayu tertinggi di dunia. Tinggi bangunan mencapai 144 kaki atau sekitar separuh dari tinggi bangunan Big Ben London. Tetapi sayangnya rumah ini tidak dilanjutkan pembangunannya oleh pemiliknya karena dirinya tidak memiliki banyak uang lagi untuk hidup mewah.

Pemilik rumah ini adalah Sutyagin, pria Rusia ini terkenal keluar masuk penjara dengan berbagai kasus. Setelah Sutyagin keluar dari penjara untuk ketiga kalinya, dirinya tidak memiliki uang lagi untuk melanjutkan pembangunan tetapi dirinya tetap menempati rumah tersebut meskipun keadaannya belum layak untuk ditempati. Rumah tersebut akhirnya sering disebut Gangster House, karena warga mengenal Sutyagin sebagai anggota gangster.

2. Rumah Terbalik, Syzmbark, Polandia


Rumah terbalik ini merupakan satu-satunya karya seni yang terdapat di Polandia. Rumah ini selesai di bangun pada tahun 2007. Rumah ini menjadi salah satu obyek wisata yang membuat banyak wisatawan sangat penasaran untuk memasuki rumah ini. Orang bisa masuk ke rumah ini melalui jendela pada bagian atap. Menurut pengalaman wisatawan yang pernah mencoba masuk, mereka merasakan mabuk laut dan pusing yang tak terkira ketika beberapa waktu berada di dalam rumah ini.

Rumah ini dibangun oleh seorang pengusaha Polandia Daniel Czapiewski, sekaligus dirinya dikenal sebagai pengusaha yang sangat dermawan. Daniel membangun rumah tersebut sebagai ungkapannya terhadap berakhirnya era komunis di Polandia. Dirinya menggambarkan ketidak stabilan kehidupan sosial yang terjadi ketika masa-masa komunis berlangsung.

3. Rumah Kaktus Rotterdam, Netherlands


Rumah unik ini dibangun oleh UCX Architects sebagai salah satu proyek Vuurplaat di Rotterdam, Netherlands. Di dalam bangunan ini terletak 98 unit hunian dengan jumlah lantai sebanyak 19 lantai. Rumah ini dibentuk demikian bertujuan untuk mendapatkan halaman yang luas dan sinar matahari yang bisa menerpa seluruh ruangan. Nama Cactus House sebenarnya diambil dari desain rumah yang lama, kini Cactus House sudah berubah menjadi rumah yang lebih modern.

4. Rumah Mengapung, Ukraina


Pembuatan rumah ini tentu saja menghabiskan banyak uang sekaligus konsentrasi tinggi para pembuatnya. Tetapi berkat kerja keras, akhirnya desain rumah yang sangat unik dapat diselesaikan. Rumah ini hanya ditopang di satu sisi saja yang menurut sejarahnya merupakan tempat penyimpanan pupuk. Memang rumah ini berada di daerah persawahan yang tidak terurus di daerah Krasnosilka, Ukrania. Bangunan ini diklaim sebagai bangunan misterius karena tidak pernah diketahui kapan dibangun dan siapa pemiliknya. Namun semenjak foto bangunan ini beredar di internet, banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.

5. Rumah Pohon Ekstrim di Irian Jaya, Indonesia


Jika Anda masih kecil memiliki impian untuk membangun rumah pohon, mungkin rumah ini akan mengingatkan Anda. Tetapi ini bukan rumah pohon yang bisa dengan mudah Anda tinggali. Rumah pohon ini dibangun di hutan belantara Irian Jaya. Karena banyaknya hewan liar, maka suku yang biasa hidup berpindah-pindah ini membangun rumah di pucuk pohon untuk menghindari serangan binatang buas. Membutuhkan bantuan tangga yang tinggi untuk mencapai rumah tersebut. Selain itu dipastikan jika penghuni rumah ini akan merasakan hempasan angin yang hebat pula.

6. Heliotrope Rotating House, Freiburg, Jerman


Seperti namanya yang mengambil salah satu nama bunga, rumah ini dibuat dengan tema go green. Sumber energi dari rumah ini didapatkan dari matahari sepenuhnya atau biasa kita sebut dengan solar cell. Ketika musim panas, rumah ini bisa berputar untuk mendapatkan cahaya yang cukup dari matahari. Tetapi ketika musim dingin tiba, maka secara otomatis rumah ini akan berputar ke belakang untuk menghindari hawa dingin yang berlebihan. Rumah yang diciptakan oleh Architect Ralph Disch ini menjadi rumah pertama di dunia yang menggunakan energi alam sepenuhnya.

7. Rumah kubus, Rotterdam, Netherlands


Bentuk rumah kubus ini memiliki kemiringan dengan sudut 45 derajat, sehingga tiga sisi terlihat menghadap tanah dan tiga sisi lainnya menghadap langit. Desain rumah ini menjadi satu-satunya rumah termahal di Rotterdam. Di setiap kubus memiliki masing-masing 3 lantai dengan ruang tamu dan dapur di bagian bawah, sedangkan kamar tidur berada di tengah-tengah. Rumah ini dibuka untuk wisatawan maupun pengunjung lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog