Jumat, 17 Januari 2014

Inilah Jembatan Setan di Bulgaria

Devil's Bridge, begitu nama jembatan yang membentang di dekat Kota Ardino, Bulgaria. Bukannya tanpa sebab warga setempat menamakan jembatan itu dengan kata 'setan'. Ada cerita mistis yang membayangi jembatan ini sampai sekarang.


'Sheytan Kyupriya' alias Devil's Bridge adalah sebuah jembatan tua dari batu yang melintasi Sungai Arda di Bulgaria. Letaknya sekitar 10 Km dari Kota Ardino, dan 4 Km dari Desa Galabovo di wilayah Banite.

Jembatan ini membentang sepanjang 56 meter dengan lebar sekitar 3,5 meter. Bentuknya melengkung, bagian tengahnya punya ketinggian 11 meter dari permukaan air sungai.


Mengutip situs Bulgaria Travel, jembatan ini dibangun pada tahun 1515-1518 oleh seorang pria. Namanya Dimitar, yang berasal dari Desa Nedelino yang sekarang menjadi kota.

Ada alasan tersendiri mengapa jembatan ini disebut Devil's Bridge, atau 'Sheytan Kyupriya'. Tak banyak warga setempat yang berani melewatinya setelah senja.


Mitosnya, istri Dimitar meninggal dunia saat suaminya membangun jembatan. Arwahnya lalu seakan menyatu dengan konstruksi jembatan tersebut, dan konon masih bergentayangan sampai sekarang. Kisah lainnya, konon terdapat telapak kaki setan di salah satu bagian jembatan.


Namun karena keasliannya, jembatan ini didaulat sebagai cultural monument pada 1984. Jalan menuju jembatan ini bisa dilalui mobil, dan sekarang turis bisa piknik dan rekreasi di dekat sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog