Jumat, 17 Januari 2014

10 Tips Atasi Gugup Saat Interview


Mulut terasa kering, tangan terasa berkeringat dan sangat dingin, jantung berdebar kencang, wajah pucat, dan perut terasa mulas. Hal-hal inilah yang mungkin Anda alami sebelum melakukan wawancara pekerjaan.

Namun Anda tidak harus mengalaminya jika tahu cara mengendalikannya. Ini dia 10 tips mengendalikan kegugupan sebelum interview pekerjaan.

1. Siapkan diri

Sebelum melakukan wawancara, pastikan Anda telah siap. Tidak hanya menyiapkan penampilan yang prima, Anda juga perlu memantapkan diri Anda untuk meyakinkan interviewer. Dengan menyiapkan segala sesuatunya, kepercayaan diri Anda akan secara otomatis meningkat sehingga rasa gugup pun akan perlahan menghilang.

2. Ketahui kekuatan Anda

Jika Anda mengetahui di mana bakat dan minat Anda, ini bisa jadi kekuatan tersendiri. Anda bisa 'menjual' diri Anda dengan lebih baik jika Anda mengetahui kekuatan yang bisa mendesak interviewer untuk berkata ya pada Anda.

3. Tetap segar

Tenangkan diri Anda sebelum hari besar wawancara. Lihat film kesukaan Anda, mandi di bath tub, atau lakukan apa pun yang membuat pikiran Anda senang dan hati tenang. Hindari alkohol, rokok, atau kopi karena benda-benda ini dapat menyebabkan Anda susah tidur.

4. Rencanakan perjalanan Anda

Pastikan Anda mengetahui di mana Anda akan melakukan wawancara. Jika belum mengetahui tempatnya, berangkatlah lebih awal agar tidak terlambat. Berikan pula estimasi waktu untuk kemacetan atau keterlambatan transportasi yang mungkin harus Anda hadapi dalam perjalanan.

5. Sarapan

Makan pagi sangat penting sebelum menghadiri wawancara pekerjaan. Namun, jangan konsumsi gula atau makanan berminyak karena dapat membuat perut Anda mengalami masalah. Hindari pula makanan-makan yang berbau seperti petai, jengkol, atau bawang merah.

6. Tarik napas yang dalam

Sebelum interview dimulai, atur napas Anda. Letakkan tangan Anda di perut dan tarik nafas dalam melalui hidung Anda, hitung sampai empat, lalu embuskan perlahan selama hitungan kelima. Lakukan ini kurang lebih sepuluh kali, dan lakukan lagi kapan pun Anda mulai merasa gugup lagi.

7. Berpikir positif

Ini adalah senjata paling ampuh untuk mengatasi gugup. Bayangkan Anda sedang melakukan wawancara dengan tenang dan penuh kendali. Bayangkan Anda tersenyum puas dengan jawaban yang telah Anda berikan pada interviewer.

Lakukan hal ini sambil tersenyum. Dengan tersenyum, Anda melepas hormon endorfin yang membuat otak Anda merasa lebih bahagia.

8. Santai saja

Ketika Anda merasa tangan Anda berkeringat saat tiba di tempat interview, pergilah ke toilet lalu basuh pergelangan tangan Anda dengan air dingin lalu basahi bagian belakang telinga Anda.

Spot ini adalah tempat di mana darah dalam arteri sangat mudah dijangkau sehingga Anda bisa mendinginkannya untuk merasa lebih santai.

9. It's done when it's done

Banyak orang memikirkan kembali apa yang telah mereka katakan seusai wawancara, dan ini membuat mereka khawatir berlebihan. Ketika interview telah berakhir, maka berakhirlah wawancara itu. Jangan pikirkan apakah Anda sudah memberikan jawaban yang konyol atau kurang benar. para interviewer sudah maklum dengan kekhawatiran yang biasanya diderita oleh orang yang sedang diwawancarai.

10. Ambil pelajaran

Sejujurnya, dalam setiap interview yang Anda lakukan, Anda selalu bisa menarik kesimpulan yang dapat menjadi modal untuk wawancara selanjutnya. Jika Anda kembali ditolak, mintalah umpan balik atau feedback sehingga Anda mengetahui kekurangan Anda.

Nah, itu dia 10 tips untuk mengatasi gugup sebelum wawancara. Siapkah Anda memberikan yang terbaik dari Anda untuk wawancara besok?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog