Jumat, 17 Januari 2014

6 Tempat Super Cantik di China

China menyimpan berjuta pemandangan alam yang cantiknya di luar imajinasi manusia. Ayo, jangan cuma ke Kota Beijing atau Shanghai. Ada gunung menginspirasi film Avatar sampai sawah 1.000 tahun. Semuanya dahsyat!

Sebagai negara tujuan wisata, China tidak hanya menawarkan kota, kuliner dan belanja saja. Negeri Tirai Bambu sangat luas dan di alam pegunungan sana, banyak pemandangan yang dijamin membuat turis melongo kagum. Dilansir dari CNN Travel, inilah 9 pemandangan super cantik di China:

1. Anhui: Hongcun Ancient Village


Hongcun adalah desa kuno berusia 900 tahun di tepi Moon Lake, Provinsi Anhui, China. Bangunan desa yang tua menjadi inspirasi para pelukis China selama ratusan tahun. Gunung Huangshan yang melatari desa ini menjadi bonus pemandangan yang juga dahsyat.

Tiket masuk ke desa ini adalah 104 Yuan (Rp 207 ribu). Wisatawan bisa menyusuri jalan desa yang kecil sambil melihat petani menanam padi. Desa Hongcun berjarak 70 km dari Kota Huangsan. Pesawat dari Beijing, Shanghai dan Guangzhou memiliki rute penerbangan ke kota tersebut.

2. Fujian: Gunung Wuyi


Gunung Wuyi adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini menjadi awal penyebaran Konfusianisme. Tak heran, kecantikan alam dan ketenangannya pasti menjadi inspirasi semua orang untuk merenung dan berfilsafat. Wisatawan suka menyusuri sungai Nine Bend River dengan rakit bambu di tempat ini, bayarnya 100 Yuan (Rp 199 ribu).

Wisatawan juga bisa trekking sejauh 8 km untuk melihat pemandangan dari puncak Gunung Wuyi. Tiket masuk Gunung Wuyi adalah 140 Yuan (Rp 280 ribu). Dari Beijing, Shanghai atau Guangzhou, wisatawan bisa terbang ke Fuzhou, ibukota Provinsi Fujian, kemudian berkendara 350 km ke Gunung Wuyi.

3. Guangxi: Yangshuo


Yangshuo adalah destinasi wisatawan domestik China untuk menikmati pemandangan bukit dan sungai. Mau tahu kenapa? Coba saja datang ke sana dan naik rakit bambu menyusuri sungai di Yangshuo. Yangshuo adalah kota di tepi sungai dengan kehidupan nelayan tradisional.

Di tengah kota memang banyak turis, namun nikmatilah kota dengan menyewa sepeda. Tontonlah pemandangan unik berupa nelayan yang memancing ikan dibantu burung cormorant, si pemburu ikan. Kebanyakan turis datang dengan bus dari Guilin, lama perjalanan 90 menit dengan tiket 15 Yuan (Rp 30 ribu) per orang.

4. Hainan: Guanyin Statue


Ada banyak patung Dewi Kwan Im di China, jumlahnya tak terhingga. Namun patung yang paling besar, dengan pemandangan paling indah ada di Pantai Nanshan, Provinsi Hainan. Ini adalah patung Dewi Kwan Im alias Dewi Guanyin terbesar di dunia, 108 meter.

Patung Dewi Kwan Im ini memiliki 3 wajah. Wajah ini menghadap ke China daratan, ke Taiwan dan ke Laut China Selatan yang bermakna memberkati dunia. Tiket masuknya 150 Yuan (Rp 299 ribu) untuk melihat patung ini dari dekat. Wisatawan bisa datang ke sini dengan perjalanan bus 40 Km dari Kota Sanya.

5. Heilongjiang: Saint Sophia Cathedral, Harbin


Kelenteng di China, itu sih biasa. Bagaimana dengan katedral? Di Harbin, Provinsi Heilongjiang ada Saint Sophia Cathedral. Ketika kebudayaan Rusia berpadu dengan China, hasilnya adalah katedral Orthodox terbesar di Asia Timur.

Katedral ini dibangun orang-orang Rusia di awal abad ke-20. Tingginya 54 meter dengan luas 721 meter persegi dengan gaya Neo Byzantine. Partai Komunis China sempat memfungsikannya sebagai gudang dan kini menjadi museum seni dan warisan budaya. Tiket masuknya 15 Yuan (Rp 30 ribu).

6. Hunan: Fenghuang


Setiap tahun, backpacker dari berbagai negara datang ke kota kuno Fenghuang di Provinsi Hunan, yang kaya dengan nilai budaya etnis Miao dan Tujia. Kota berumur 1.300 tahun ini juga terkenal lewat novel 'Frontier City' karya Sheng Congwen.

Arsitektur kota ini masih lestari dengan 200 rumah tinggal, 20 jalan, 10 gang kecil yang semua belum berubah sejak zaman Dinasti Ming. Fenghuang berjarak 430 km dari Changsa, ibukota Provinsi Hunan. Harga tiket bus Changsa-Fenghuang adalah 130 Yuan (Rp 260 ribu) dan tiket masuk ke kota ini adalah 148 Yuan (Rp 295 ribu).


Bonus

1. Hunan: Zhangjiajie


Pilar-pilar gunung batu Wulingyuang di Zhangjiajie disebut-sebut menjadi inspirasi dari gunung di Planet Pandora dalam film Avatar. Kenyataannya, gunung di Provinsi Hunan ini punya 3.000 pilar batu yang paling tinggi mencapai 400 meter.

Pemerintah setempat mengganti nama salah satu gunung menjadi Gunung Hallelujah, mengikuti gunung di dalam film Avatar. Patung Avatar juga dipajang di sini. Tiket masuk ke tempat ini adalah 248 Yuan (Rp 495 ribu). Tersedia kereta dan pesawat dari Beijing, Shanghai dan Guangzhou untuk menuju Zhanjiajie.

2. Zhejiang: Thousand Island Lake


China juga punya kepulauan seribu, namun di tengah danau. Ada Thousand Island Lake di Provinsi Zhejiang. Awal sejarahnya, pada 1950-an pemerintah China membangun waduk dengan menenggelamkan desa, dataran dan bukit seluas 928 km2.

Hasilnya, terciptalah 1.078 pulau dari sisa tanah tinggi yang tersisa. Outdoor activity adalah kegiatan favorit wisatawan di sini dari speedboat, water ski, island-hopping dan mountain climbing. Danau ini juga menawarkan seafood lezat dan akomodasi dari bujet sampai bintang lima.

Wisatawan dari Kota Hangzhou bisa naik bus ke Kota Thousand Island Lake, tiket busnya 60 Yuan (Rp 120 ribu). Sedangkan tiket masuk ke danau ini 150 Yuan (Rp 300 ribu).

3. Liaoning: Benxi Water Cave


China juga punya banyak gua dengan pemandangan yang dahsyat dan cantik. Salah satunya adalah Benxi Water Cave di Provinsi Liaoning. Gua ini terbentuk 5 juta tahun lalu dan kini menjadi objek wisata dengan area gua basah dan kering.

Gua basah berupa sungai bawah tanah terpanjang di dunia, 5,8 km. Namun hanya 2,8 km sungai yang bisa disusuri dengan perahu. Sementara gua kering panjangnya hanya 300 meter yang dibuka untuk wisatawan. Di dalam gua, mereka bisa melihat stalagmit dan stalaktit yang disorot lampu hijau, kuning dan merah sehingga tampak indah.

Sebaiknya wisatawan memakai jaket karena suhu di dalam gua hanya 10 derajat Celcius. Kereta dari Kota Shenyang ke Benxi harganya 15 Yuan (Rp 30 ribu) dan tiket masuk gua 195 Yuan (Rp 389 ribu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog